Appron

Mana Yang Lebih Baik, Minum Jus Buah atau Makan Buah Segar?

Tidak dipungkiri semakin hari semakin banyak jus buah yang dijual di swalayan maupun usaha franchise. Jus yang dijual pun semakin banyak variannya. Tidak diragukan lagi banyak manfaat jika kita rutin makan buah. Dinilai lebih praktis, semakin kesini masyarakat lebih memilih minum jus buah ketimbang makan buah makan buah secara langsung. Tapi apa benar kandungan minum jus setara dengan jika makan buahnya secara langsung? Dilansir dari hellosehat.com, begini penjelasan tentang mana yang lebih baik, jus buah atau buah secara langsung.

Rasa pada jus buah memang sama dengan buahnya, tapi apa tidak ingat tentang perasa buatan?

Yakin nggak ada pemanis buatannya?

“Jus ini tanpa perasa dan pemanis buatan, lho!” Sering kan membaca tagline jus seperti itu? Memang hampir semua jus yang dijual di pasaran menyatakan bahwa jus tersebut merupaka ekstrak alami dari buah. Namun pernahkah kita mengecek kandungan ekstrak tersebut? Amatilah, sebagian besar tidak mengandung ekstrak alami 100%, melainkan terdapat zat aditif sebagai penguat rasa. Zat aditif yang ada di dalam jus kemasan juga ada banyak macamnya, seperti contohnya zat pengawet. Menurut berbagai penelitian, terlalu sering mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung zat aditif, berisiko lebih tinggi untuk mengalami penyakit jantung koroner, kanker, dan penyakit degeneratif lain.

Jus buah = Sedikit serat, banyak gula

serat dikit, tapi gula banyak 🙁

Buah jelas mengandung banyak serat yang baik untuk kesehatan kita, khususnya pencernaan. Namun, jika kita menggatinya dengan minum jus buah, kita tidak akan mendapatkan serat yang sama seperti jika makan buah secara langsung.
Justru zat yang paling banyak kita dapatkan saat minum jus buah terutama jus buah kemasan adalah gula. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Harvard School of Public Health, menemukan bahwa orang yang lebih memilih minum jus daripada makan buah asli, kian berisiko mengalami penyakit diabetes. Sedangkan kebiasaan makan buah segar justru menurunkan risiko diabetes tipe 2. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa lebih baik makan buah dibanding minum jus buah.

Jus buatan sendiripun masih tetap kalah dibanding memakan buah langsung

Tetap lebih baik makan buah segar.

Mengapa?
Karena jika kita makan buah, kita diharuskan mengunyah semua potongan buah tersebut. dengan mengunyah buah perlahan, maka zat-zat gizi, termasuk gula yang terkandung di dalam buah akan dicerna dan dipecah secara bertahap. Pemecahan gula akan terjadi pertama di mulut, lalu di lambung, dan berakhir pada penyerapan di usus kecil. Hal ini membuat gula lebih lama diserap dan tidak begitu cepat berubah menjadi gula darah.
Sedangkan, bila meminum jus buah, semua zat gizi akan mudah masuk ke dalam sistem pencernaan dan diserap oleh tubuh lebih cepat. Kondisi tersebut membuat gula darah sangat cepat naik dan berubah. Gula darah yang sering naik bisa membuat kadar lemak juga meningkat, hal ini tentu saja bisa menyebabkan penyakit jantung, diabetes, serta penyakit degeneratif lainnya.

Jadi itulah mengapa kita lebih baik rutin makan buah secara langsung daripada minum jus buah. Walaupun jus buah praktis, mudah ditemui dimana-mana, tapi apa nggak ngeri kalau efeknya sebegitu buruknya? Yuk, mulai membiasakan diri makan buah!

Add comment

Follow Us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Dapur Appron!

Sign up for delicious recipes.
SIGN UP
Close