Appron

CHEF PEYE : DARI MUSIK, TRAVELER, HINGGA MEMASAK; “SAYA MENGERJAKAN HOBI YANG DIGAJI.”

Source : http://www.instagram.com/chefpeye

Memasak. Suatu kegiatan yang sering diidentikkan dengan perempuan. Kesan ini timbul karena sudah menjadi rahasia umum bahwa seorang perempuan idealnya harus pandai memasak. Namun, nggak cuma perempuan aja loh yang boleh punya hobi masak. Laki-laki pun ada yang menjadikan memasak adalah suatu hobi dan mengemasnya dengan apik untuk dibagikan dengan pengguna sosial media.
Adalah Tri Sarwono Wibowo. Seorang foodtraveler asal Balikpapan yang merantau ke Bandung. Meskipun memiliki background pendidikan IT, namun ternyata pria yang akrab disapa Peye ini mengawali petualangannya dari musik. Seiring berjalannya waktu, Peye mengisi hari-harinya dengan berbagai hal. Fotografi dan desain grafis, yang kini menjadi pekerjaan utamanya, menulis, traveling, hingga memasak, yang kini menjadi hobinya. Bahkan, Peye juga memiliki program untuk mengajar di desa dan mengangkat kearifan lokal yang ada lalu mengabadikannya dalam artikel serta foto. Bersama timnya, Peye masuk ke desa yang tidak dikenal, mendekati warga sekitar, dan diakhiri dengan menghidangkan masakan yang dimasak oleh Peye untuk satu desa.
Sadar bahwa memasak adalah hal yang menyenangkan bagi Peye, ditambah dengan dukungan dari teman-teman, Peye memutuskan untuk menekuni bidang memasak dengan mengumpulkan portofolionya dalam bentuk foto dan video yang apik dan memanjakan mata di instagram @chefpeye.
Berbeda dengan kebanyakan influencer memasak lain, Peye lebih menikmati alam sebagai tempat memasak. Konsep ini begitu unik, dan dipilih oleh Peye karena hobinya sebagai seorang traveler. Konsep memasak di alam dimulai dari membawa bahan mentah yang sudah disiapkan dari rumah untuk diolah di luar. Peye yang sering mendapatkan ide dari streetfood negara lain lewat laman Youtube ini memilih alam sebagai tempat memasak karena ingin mengcombine apa yang ada di luar dan apa yang disenangi oleh Peye untuk diterapkan di “dapur alam” @chefpeye. Hasil masakannya ia potret dengan sangat epic dengan bantuan reflector dan lighting. Hasilnya luar biasa banget loh #Approntice.

Source : http://www.instagram.com/chefpeye

Bagi Peye, memasak di alam memiliki sense tesendiri. “Kita bisa belajar tentang alam. Dekat dengan alam mampu menurunkan adrenalin selama di kota, menurunkan tingkat stress, dan mengajarkan kepekan. Selain itu juga mengajarkan kita untuk lebih empati dengan sekitar”, sebut Peye saat ditanya mengenai apa keunggulan memasak di alam.
Peye juga membagikan saran bagi siapa pun terutama anak muda yang ingin menjadikan hobi sebagai profesi, seperti dirinya yang telah sukses menjalankan hobi namun tetap mendapatkan penghasilan. “Pertama berani berbagi kepada yang lemah, karena itu pondasi awal kita, membesarkan sikap melebarkan wawasan, berpikir kritis, karena bisnis tidak selalu berjalan mulus dengan berbagi kita sudah maju 1 level dalam mental. Kedua, jaga kepercayaan orang lain. Suatu profesi/bisnis jika kita tidak bisa dipercaya, maka kita seperti jalan di tempat. Ketiga adalah “sukai, pelajari, totalitaskan”. Ketika kita menyukai apa yang kita kerjakan, proses belajarnya akan kita nikmati. Percayalah pekerjaan apapun yang positif ketika kita menjadi ahli, itu akan menghasilkan sesuatu yang besar untuk diri kita.”
Jadi, berani menjadikan masak sebagai hobi, bahkan profesi #Approntice? Atau berani menjajal untuk memasak di alam seperti Peye? #Approntice bisa mencari inspirasinya melalui instagram @chefpeye.

Add comment

Follow Us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Dapur Appron!

Sign up for delicious recipes.
SIGN UP
Close