Appron

Membedakan Jeruk Purut, Jeruk Nipis dan Jeruk Limau

Jeruk purut, jeruk nipis, jeruk limau.. Hayo, bisa bedain nggak? Pernah nggak sih mau beli jeruk purut tapi yang dibeli malah jeruk nipis? Kalo saya sih pernah, lha gimana wong warnanya sama-sama hijau. heuehe. Tapi setiap kesalahan pasti ada pembelajarannya, nah dari situlah belajar gimana sih cara bedain spesies jeruk yang biasanya buat masak dan pelengkap rasa itu. Dilansir dari resepkoki.id Team Appron kali ini akan bahas perbedaan jeruk-jeruk tersebut, buat yang masih bingung wajib nih disimak!

Warna, ukuran dan tekstur
Ketiga jeruk ini memang sekilas sama-sama berwarna hijau. Namun jika diperhatikan, jeruk limau dan jeruk purut memiliki warna hijau yang lebih tua, sedangkan jeruk nipis berwarna hijau atau hijau kekuningan.
Untuk ukuran, jeruk limau berukuran paling kecil diantara tiga jeruk ini sedangkan jeruk purut dan jeruk nipis besarnya kurang lebih sama. Jeruk nipis memiliki permukaan paling halus dari jenis lainnya. Jeruk limau teksturnya agak kasar, sedangkan jeruk purut memiliki kulit keriput dan terasa paling kasar.

Bulir dan banyaknya air
Jeruk limau dan jeruk purut punya bulir berwarna hijau cerah dan cenderung bening, sedangkan jeruk nipis memiliki bulir hijau agak kekuningan.
Nah jika diperas, ketiga jeruk ini juga menghasilkan banyak air yang berbeda. Jeruk limau menghasilkan air perasan paling sedikit dari jeruk purut dan jeruk nipis.

Fungsi dan rasa asamnya
Jeruk untuk tambahan masakan memang identik dengan rasa asam. Namun, ketiga jenis jeruk ini punya rasa asam yang sedikit berbeda, lho. Jeruk limau memiliki rasa paling asam dari jeruk purut maupun nipis. Maka dari itu, jeruk limau biasa dicampurkan pada masakan dengan citarasa kuat seperti sambal cabai atau sambal kacang agar terasa lebih segar. Selain untuk tambahan masakan, jeruk purut dan jeruk nipis biasanya dipakai untuk menghilangkan bau amis ikan atau jeroan tanpa mengubah citarasa dagingnya. Selain itu, air perasan kedua jeruk ini juga bisa dicampurkan pada kuah soto agar lebih segar.

Kandungan Gizinya

Nah itu tadi sedikit perbedaan dari ketiga spesies jeruk tersebut. Sekarang tak perlu bingung lagi, ya. Ketiga jeruk tersebut sebenarnya bisa saling menggantikan, namun tetap sesuaikan tingkat asamnya, ya!

Add comment

Follow Us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Dapur Appron!

Sign up for delicious recipes.
SIGN UP
Close