Appron

Tips Appron: Memasak Rebung

Rebung merupakan jenis sayuran yang memiliki bau khas yang kadang menyengat. Menghilangkan bau tersebut ternyata mudah lho. #TeamAppron @nefiaayupr merangkum beberapa tipsnya.

1. Memilih rebung yang segar
Rebung bisa kamu beli di pasar ataupun supermarket dalam bentuk utuh atau yang sudah diiris tipis-tipis. Saat membeli rebung, pilihlah rebung yang masih muda karena dagingnya masih empuk (bukan lembek) dan belum terlihat serat-serat bambunya. Keempukan dagingnya dapat dilihat dari bagian pangkalnya yang belum menghijau.

2. Menghilangkan rasa pahit
Rebung yang sudah kamu olah terasa pahit? harap hati-hati ya, karena ciri-ciri dari rebung yang beracun adalah rasa yang pahit. Oleh karena itulah setelah kita membeli rebung dari pasar, jangan lupa untuk mengupas kulit dari rebung untuk mencegah keracunan. Sebelum memulai mengolah rebung, kamu juga disarankan untuk merebus rebung bersama air garam selama 10-20 menit. Air rebusannya kemudian dibuang ya karena di dalamnya mengandung racun sianida. Jadi jangan digunakan lagi air rebusannya.

3. Menghilangkan bau langu
Rebung memiliki bau langu atau pesing yang sangat menganggu buat sebagian orang.
Cara untuk menghilangkan bau tersebut cukup mudah. Iris tipis-tipis rebung yang kamu sudah beli dan cucilah minimal 3 kali agar rebung bersih dari kotoran. Sesudahnya, lakukan tips untuk menghilangkan rasa pahit dari rebung. Kemudian, rebus ulang rebung kamu bersama daun jeruk dan jahe hingga teksturnya melunak. Bau daun jeruk dan jahe akan menghilangkan bau langu dari rebung sehingga rebung kamu siap untuk diolah jadi menu masakan lainnya

Add comment

Follow Us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Dapur Appron!

Sign up for delicious recipes.
SIGN UP
Close