Appron

Tips Appron: Memilih dan Merawat Pisau

Pisau merupakan alat yang sangat penting untuk mengolah masakan di dapur. Baik untuk mencincang, mengiris, memotong, hingga mengukir bahan masakan. Nah, di #TipsAppron kali ini #TeamAppron @armellyanadia akan membahas tentang cara memilih dan merawat pisau anda supaya awet. Tips disadur dari web femina.com

1. Membeli pisau satu per satu sesuai kebutuhan daripada satu set sekaligus. Pilih yang kualitasnya baik ya, Ibu Hebat. Walaupun harganya relatif mahal, pisau kualitas baik bisa menjadi investasi dapur Ibu Hebat. Apabila bugdet terbatas, Ibu bisa membeli pisau serbaguna yang bisa digunakan untuk mengiris segala jenis bahan masakan.
2. Sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan gagang pisau nyaman di genggaman Ibu Hebat. Jangan terlalu berat atau terlalu ringan. Pisau yang tepat akan lebih stabil dan tidak akan terpeleset saat dipakai

3. Selain berat, bentuk dan bahan gagang pisau juga penting untuk menjadi pertimbangan. Pilihlah yang melekuk nyaman di genggaman tangan Ibu Hebat dan memiliki bahan yang tidak membuat terpeleset saat digunakan.
4. Sebaiknya tempatkan pisau dalam wadah pisau sehingga bagian tajamnya tidak saling tergores dan membuat bilah pisau jadi tumpul.

5. Hindari menyimpan pisau dalam laci dapur bersama-sama dengan barang-barang lainnya karena bagian tajamnya bisa ’melukai’ barang lainnya yang ada di dalam laci tersebut.

6. Setelah dipakai, cuci segera pisau dan keringkan dengan lap lembut agar ketajamannya tetap terjaga. Hati-hati, jangan meninggalkan pisau dalam keadaan terendam di air sabun di tempat cucian piring. Selain dapat menumpulkan mata pisaunya, jika tak hati-hati karena tertutup busa sabun, tangan Anda bisa terluka saat mengambilnya.

7. Paling tidak, asah pisau satu minggu sekali agar mata pisau selalu dalam keadaan tajam. Bentuk sudut sekitar 20° antara pisau dan pengasah pisau sehingga didapatkan hasil asahan yang sempurna.

8. Saat dipakai untuk mengiris bahan makanan, gunakan talenan dari kayu atau polyethylene. Jangan pernah memakai talenan dari granit, kaca, atau besi karena bisa menumpulkan mata pisau.
Itu dia tipsnya Ibu Hebat! Apabila ada tips tambahan bisa didiskusikan di kolom komentar ya?

Add comment

Follow Us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Dapur Appron!

Sign up for delicious recipes.
SIGN UP
Close